Bicara soal tubeless dan tube
type, keduanya punya perbedaan. Sesuai nama, tubeless yang tak lagi
aplikasi ban dalam sedang tube tipe mengharuskan pakai ban dalam lagi
sebagai pendukung ban luar. Tapi, soal tekanan angin, keduanya bisa
punya nilai yang sama.Tekanan angin ban untuk pemakaian harian,
bermain di rentang 29–31 psi. Itu berlaku untuk tipe ban tubeless dan
tube type.
Tapi, tidak menutup kemungkinan
kalau tekanan angin di ban tubeless bisa dibuat lebih rendah dari ban
yang aplikasi ban dalam. Misalnya jika di tube pakai tekanan 31 psi,
maka di ban tipe tubeless bermain di 27 psi.Itu bisa saja.
Karena struktur ban tubeless sendiri memungkinkan. Misalnya, dari side
wall tubeless yang lebih keras dari tube type.Itu
jika bicara soal tekanan, lho. Karena jika dilihat dari volume udara
yang dipakai buat mengeraskan ban, tentu beda. Perbedaan ini juga
disebabkan pemakaian dan tipe ban itu sendiri.
Volume atau jumlah
angin yang dipakai buat pengerasan ban tubeless lebih banyak ketimbang
ban tube.karena tak banyak penghalang. Artinya, udara
di ban tubeless terus mengisi hingga ke bibir pelek. Meskipun, di ban
tipe itu mengaplikasi inner linner sedikit lebih tebal dari tube type.Sedang di ban tube type, angin hanya berfungsi buat mengeraskan ban dalam sehingga menekan ban luar agar mengembang keras.
Cerita
lain soal ban di balap, tak sedikit dari tim yang aplikasi ban dalam
buat melapisi ban tipe tubeless.Ini cukup berguna untuk di trek atau
lintasan bumpy. Terutama ketika ban dipakai mengerem keras dan
mantul-mantul. Sehingga tidak ada kebocoran udara. Tapi, kalau di trek
yang lintasannya rata, tidak perlu.Kondisi seperti
ini memungkinkan, karena tekanan angin di ban balap tentu sedikit
berbeda dari ban harian. Tekanan anginnya lebih rendah. Malah, bisa
bermain di angka 20 psi lho, tergantung kebutuhan. Begitunya udara tak
keluar melalui bibir pelek dan sebabkan tekanan angin berkurang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D
Tankyu..!