Contoh modifikasi kaliper yang salah |
Intermezo - Modifikasi keseluruhan buat tampil di bagian depan memang oke. Cuma yang bikin enggak sreg begitu melihat posisi pasang kaliper. Kampas rem ngejepitnya terlalu keluar, membuat daya cengkram rem tidak maksimal.
Nah, dari evaluasi gambar ini coba diamati posisi kalipernya.Hal ini bukan cuma menyangkut estetika, tapi juga fungsi dan safety. Terutama di motor-motor yang sudah melakukan modifikasi seputar kaki-kaki.
Efeknya kampas jadi abis sebelah kalau salah pasang kaliper, Jarak ideal kampas menjepit cakram hampir mirip dengan standarnya
Yang ideal, kalau mau ganti piringan diameter lebar atau kecil, posisi kampas harus tetap di tengah alur cakram. Maksudnya jarak antara kampas dengan lingkar luar piringan saat menjepit kira-kira 5 mm dari bibir luar. Selain lebih aman juga gak gampang rusak
Kesempurnaan kampas di kaliper menjepit cakram yang sudah dicustom tidak lepas dari peran pemasangan adaptor atau breket kaliper. Sebab peranti ini sebagai pengganti pegangan kaliper yang cakramnya sudah diganti lebar atau ganti part variasi.
Breket juga menentukan kehandalan daya cengkram kampas rem, Perhatikan juga off-set atau bentuk lekukan pada cakram variasi
Pemilik motor yang ingin ganti cakram lebar atau kecil. Baiknya perhatikan cekungan atau off-set pada piringan saat akan membeli cakram variasi serta cara pasangnya. Sebab tidak semua cakram bentuknya rata, tapi ada juga yang cekung di bagian tengahnya.
Source :motor-plus
edited by :irawan for Intermezo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D
Tankyu..!