Turuti SBY, Produsen Siap Pasang BBG di Mobil Baru Mulai 2014

Written By Irawan ganteng on 28 Januari 2012 | 07.59

X-gan - Agen Pemegang Merek (APM) atau produsen mobil siap menuruti permintaan Presiden SBY bahwa setiap mobil baru diproduksi menggunakan converter kit BBG mulai 2014.

Presiden Direktur PT Indomobil Suzuki Internasional Subronto Laras mengungkapkan pihaknya dan para ATPM lain pada dasarnya tidak mempermasalahkan keinginan pemerintah di 2014 mewajibkan semua kendaraan baru diproduksi menggunakan converter kit.

"Namun, tentu harus ada mekanisme, regulasi, dan waktu yang jelas dari pemerintah," ujarnya di Hotel Pullam, Jakarta, Jumat (27/1/2012).

Menurut Subronto, ATPM sangat bisa membuat dan menyediakan mobil yang bisa langsung include ke BBG, tapi dari pemerintah ada jaminan tidak produk tersebut ada pasarnya.

"Kalau pasarnya jelas, tanpa disuruh pun ATPM dan pabrikan akan buat sendiri tanpa harus diwajibkan oleh pemerintah," katanya.

Dan untuk menciptakan pasar tersebut, Subroto bilang merupakan pekerjaan yang tidak mudah. "Bagaimana pemerintah bisa menyediakan infrastruktur gasnya, sosialisasinya, regulasinya, harga gasnya sendiri. Dan itu memerlukan waktu yang tidak sebentar," terangnya.

Kalaupun pemerintah tetap pada rencananya untuk mewajibkan kendaraan baru di 2014 harus include ke gas, asal aturannya jelas tidak ada masalah.

Bagaimana dengan harga mobil jika dengan converter kit ini? Menurut Subronto, harga kendaraan tidak berpengaruh meskipun ditambah dengan komponen converter kit.

"Harga saya rasa akan tetap, karena dengan bisa menggunakan gas. Maka ada beberapa komponen mesin yang dihilangkan, seperti karburator dihilangkan, jadi mesin full injection dan sebagainya, jadi sepertinya tidak akan berdampak pada harga mobil," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan Presiden SBY meminta kepada produsen mobil di Indonesia untuk mendesain mesinnya dengan menggunakan converter kit sehingga bisa menggunakan bahan bakar gas (BBG) mulai 2014.
Blog, Updated at: 07.59

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email