Cara Melacak Karburator Banjir dan Solusinya

Written By Irawan ganteng on 8 Juli 2012 | 11.39

Ilustrasi Karburator Banjir
Cara Melacak Karburator Banjir dan Solusinya - Selamat pagi sobat intermezo,hari yang cerah dihari minggun ini,Intermezo akan sharing mengenai Cara Melacak Karburator Banjir dan Cara mengatasi karburator bajir.karbu banjir ditandai dengan keluarnya bensin dari slang buang di bawah bak karbu dan tak membasahi bodi karbu. Namun bila slang buang tersumbat, bensin naik ke atas dan keluar lewat lubang hawa atau masuk ruang bakar.odi karbu terlihat basah kuyup karena bensin keluar dari lubang hawa. Selain itu, bensin naik tadi juga masuk ruang bakar dan biasanya bikin mesin sulit hidup.

Apa yang harus di cek bila menemukan karburator bensinnya bocor/banjir?5 langkah tersebut adalah

1.Keran Bensin dol
Misalkan keran bensin manual rusak atau vakumnya enggak fungsi. Meski bensin tak langsung mengucur ke bak karbu lantaran ditahan jarum pelampung, namun bila keseringan dan menyebabkan jarum pelampung aus atau tersumbat kotoran tetap saja bensin bisa mengalir.

2.Jarum pelampung Aus / Seat(dudukan)jarum pelampung Aus
Salah satu efek dari keran bensin dol karena terus menerus menahan bensin yang mengalir ke karburator karena vakum bensinya rusak.Penyebab lainya bisa juga karat yang ada di tangki menyumbat antara seat dan jarum pelampung

3.Pelampung bocor
Namanya juga pelampung,pelampung disini berfungsi sebagai indikator bensin dan diikat dengan jarum pelampung.Apabila rusak,ga ada yang buat mendorong jarum pelampung ke atas dan menutup saluran bensin.

4.Setelan pelampung terlalu rendah
Masih dipelampung,dicek keran bensinya bagus,terus cek jarum pelampung dan seatnya ok,serta pas diliat pelampunya juga bagus.Sekarang pasang pelampung beserta jarumnya dan liat apakah tinggi pelampung terlalu rendah.Idealnya 90derajat dengan Mainjet & Pilotjet.Maksudnya lurus gt,ga turun ga naik.Cara setelnya kalau dari logam tinggal cungkil2 aja,terus buat yang tipe plastik bisa pakai solderbuat manasin tuas yang nekan jarum pelampung.Cara mengeceknya,pasang karbu tes ketinggian bensinnya,kalau ga banjir berarti bagus.Terus ga kalah penting lagi volume bensin yang di mangkuk harus cukup untuk merendam mainjet & pilotjet! ga boleh kurang.Kalau kurang nanti suplai bensin berkurang (bensin telat)

5.Karet seal mangkuk karbu bocor
Hal yang paling mudah,Bocornya bensin dari mana sih?“Biasannya bodi karbu terlihat basah kuyup karena bensin keluar dari sela sela sekat antara atas dan bawah.

Kalau diakalin masih tidak bisa juga.Pergi aja ke toko Spareparts motor,Toko banyak yang jual kok repair kit plus sama pelampunya (KW).Buat yang mau beli yang asli ada di delaer dengan pembelian spirit(terpisah) dan dengan harga yang wah..!

Demikian mengenai Cara Melacak Karburator Banjir dan Solusinya,semoga bermanfaat dan jangan lupa likenya sob..!

NB: Buat yang belum jelas bisa komen atau datang ke bengkel terdekat.Buat yang didaerah jogja bisa juga ke Ujang Motor JL.Wates Km 8 Balecatur Yogyakarta buat konsultasi


Rating: 5
Blog, Updated at: 11.39

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email