Cara Mengetahui Kampas Rem Motor Matik Habis

Written By Irawan ganteng on 20 Juni 2012 | 20.36

Cara Mengetahui Kampas Rem Motor Matik Habis - Cara Mengetahui Kampas Rem Motor Matic Habis.Saya adalah pengguna motor matic,jadi buat sobat yang punya motor matic,boleh nih ikut nyimak sedikit tips dari intermezo mengenai Cara Mengetahui Kampas Rem Motor Matic Habis.

Pernah ga memakai motor matik dipakai jalan turunan?pas direm ngeloyor aja kedepan.Sempat deg2an juga kan?apalagi kalau tu motor cuman minjem.hehe..Motor matik dengan penerus daya CVT memang nggak bisa engine brake. Agar putaran roda berhenti hanya mengandalkan rem. Itu sebabnya kampas remnya lebih cepat habis daripada varian bebek atau sport.

Untuk tau kampas rem mulai habis bisa dirasakan. Ketika handle rem depan atau belakang ditekan kuat-kuat, tangkai rem terasa keras serta pengereman kurang pakem. Atau handel rem terasa dalam ditekan.

kampas rem depan tidak pakem juga bisa disebabkan material kampas mengeras. Bisa juga pemakaian terlalu lama, atau kampas rem tidak orisinal meskipun bibir kampas depan belum tipis.Bila diabaikan, lama-lama piringan cacat tergerus kampas yang sudang mengeras. Hal itu bisa diraba pada piringan yang sudah termakan dan tidak rata. Apalagi piringan yang cacat menyebabkan kerja rem depan kurang maksimal.


Sedangkan mengecek rem belakang rada repot. Apalagi matik jarang dilengkapi indikator kampas rem di panel teromolnya. Untuk mengetahui kondisi kampas harus dibongkar. Apalagi tumpukan debu menyebabkan jadi kurang pakem.

Rem belakang kurang pakem bisa juga timbul dari akibat kabel rem yang sudah tua. Bisa dirasakan lewat handle terasa keras saat melakukan pengereman.Menurut artikel yang saya baca di motorplus,Kabel rem hendaknya diganti dengan yang baru bila sudah berumur 1,5 tahun.

Tapi semua kembali ke pemakai.Orang yang sering pakai pasti tahu dong bagaimana kondisi motornya?itu baru pengendara yang baik.hehe..Jangan lupa,lakukan pengecekan rem,tekanan ban,oli dan lampu (termasuk lampu sein) setiap pagi / setiap mau berkendara.Biar aman sob..

Demikian mengenai Cara Mengetahui Kampas Rem Motor Matik Habis,semoga bermanfaat dan jangan lupa jempolnya ya sob..!
Blog, Updated at: 20.36

1 komentar:

  1. saya suka statement terakhir anda... (jempol....)

    BalasHapus

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email