Sony Ericsson Xperia Play

Written By Irawan ganteng on 3 Februari 2012 | 08.12


Dengan kendali serupa perangkat permainan portabel, Xperia Play menawarkan pengalaman mobile gaming yang berbeda dengan pesaingnya. 
Ingin tahu apa yang terbesit di benak kami ketika pertama melihat Xperia Play? Perangkat ini mirip PSP (Playstation Portable), konsol handheld buatan induk perusahaan SE, yaitu Sony Corp. yang sangat populer terutama di kalangan penggila game.

Memang, kabar burung SE akan merilis “Playstation Phone” sudah beredar cukup lama. Akhirnya kabar itu terwujud nyata dalam Xperia Play. Tak hanya itu, Xperia Play diklaim sebagai smartphone pertama Android yang bersertifikasi Playstation (Playstation® Certified).
Sertifikasi ini menyatakan bahwa beberapa game, terutama yang berlisensi Sony Computer Entertainment, hanya dapat berjalan di Xperia Play. Contohnya adalah beberapa game Playstation generasi awal (PS1) yang tersedia di Market, dirancang khusus untuk Xperia Play.
Setelah di-install, aneka game tersebut akan masuk di dalam library Playstation Pocket”. Berdasarkan percobaan memainkan beberapa game, kami mengasumsikan bahwa aplikasi Playstation Pocket merupakan semacam “emulator resmi” SE. Aplikasi ini telah dioptimalkan agar mampu berjalan dengan baik.
Selain itu, Xperia Play juga memiliki galeri game khusus yang berjalan langsung di OS Androidnya dan bukan berjalan via emulasi. Untuk mengaksesnya, silakan geser bodinya dan smartphone ini akan membuka galeri game tersebut secara otomatis.
Dari beberapa game yang termasuk dalam paket pembelian, kami cukup puas karena tombol-tombol gaming-nya benar-benar membuat kami seolah bermain game dengan konsol handheld. Anda juga tetap dapat memainkan game lain di Android meskipun tidak dirancang untuk Xperia Play. Namun, jika memainkan game semacam itu, kontrol gaming-nya menjadi tidak berfungsi.
Dari sisi desain, Xperia Play memiliki tampang yang cukup oke. Bagian belakang yang mengilap memberikan kesan elegan walaupun tidak bisa dimungkiri bodi belakangnya itu menjadi magnet sidik jari. Sementara itu, bagian sliding yang berisi tombol-tombol gaming-nya menjadi penyumbang terbesar ketebalan ponsel secara keseluruhan. Sayangnya, kontrol ala Playstation ini bagi kami terasa kekecilan sehingga ketika bermain agak lama, pegal pun menyerang jemari tangan kami.
Sebagai smartphone Android, Xperia Play dilengkapi hardware yang bisa diandalkan. Perangkat ini dilengkapi prosesor MSM8655 1 GHz dari Qualcomm. CPU ini memang bukan yang paling cepat, tapi sudah mencukupi untuk menghadirkan kinerja yang baik. Kapasitas memori utama sistem (RAM) sebesar 512 MB membantu agar kinerja multi-tasking tetap dapat berjalan dengan baik. Terbukti ketika kami gunakan sehari-hari, tidak ada jeda berarti yang mengganggu. Semua aktivitas berjalan dengan mulus.
Urusan multimedia pada Xperia Play tampaknya juga diperhatikan oleh SE. Dengan speaker stereo yang nyaring, tak cuma gaming, menonton video (dengan dukungan hingga 720p) ataupun memutar musik menjadi lebih menyenangkan. Aksesoris dock yang tersedia membuat Xperia Play Anda tampil lebih menarik di meja.
Ponsel ini dapat dengan dihubungkan dengan mudah ke perangkat sound system melalui keluaran jack stereo pada dock tersebut. Untuk saat ini, aksesoris tersebut cuma tersedia sebagai bundel paket penjualan Xperia Play.
(Karuna) 
****
Sebagai smartphone berciri mobile gaming, Xperia Play sebenarnya agak sulit bersaing terutama di segmen harganya. Konsep desain ala Playstation memang menarik. Namun di sisi lain, untuk mendukung kebutuhan gaming itu sendiri, spesifikasi hardware Xperia Play bisa dibilang agak “pas-pasan”. Akan tetapi, sebagai smartphone, Xperia Play cukup menghibur dan memuaskan.

Hasil Pengujian Kinerja Xperia Play secara umum terbilang bagus, terutama untuk menjalankan aplikasi sehari-hari. Sementara unit grafisnya yang tergolong kelas menengah masih mampu untuk menangani aneka game terkini. Ini membuat Xperia Play dapat diandalkan sebagai smartphone untuk gaming.

Pengujian
Sony Ericsson Xperia Play
Axioo Vigo
Quadrant Advanced Total
1635
1854
Linpack Single Thread
38.31 MFLOPS
40.01 MFLOPS
Multi Thread
- MFLOPS
- MFLOPS
Smartbench 2011 Productivity
1236
1003
Smartbench 2011 Games
1431
1348  

SONY ERICSSON XPERIA PLAY
Prosesor
Qualcomm MSM 8655 1 Ghz
RAM
512 MB
Kartu Grafis
Adreno 205
Internal Storage
1 GB (400 MB tersedia)
Wireless
802.11b/g/n WLAN, Bluetooth 2.1, GPS
Kamera
Belakang : 5 Megapiksel, Depan : VGA
Lain – Lain
Xperia Play Store, Timescape UI, Gaming ala PSP
Layar
4” 480x854 piksel
Bobot
175 gram
Sistem Operasi
Android 2.3.3
Garansi
1 Tahun
Situs Web 
Harga kisaran*
* Rp.3.799.000
* Studio HP, (021) 6386-8000; Minggu kedua Oktober 2011  



 






GamepadDirancang khusus untuk bermain game, kontrol pada Xperia Play ini mirip seperti PSP.






 



KameraKamera 5 megapikselnya ini memiliki kualitas yang cukup baik serta berkemampuan merekam video HD 720p.





 




DockDengan menggunakan docking, Xperia Play bisa tampil manis di meja Anda.

 Plus     : Kontrol ala Playstation, keluaran stereo speaker-nya bagus

Minus : Bodi tebal, lebih berat dari smartphone  sekelas

Blog, Updated at: 08.12

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email