4 Hal yang Membuat Anda Harus Waspada Terhadap Aplikasi Gratis Android

Written By Irawan ganteng on 28 Maret 2012 | 20.13

Android sangat populer karena banyaknya aplikasi gratis yang bisa digunakan. System tools, game, dan aplikasi lainnya memang sebagian besar bisa digunakan secara gratis. Tetapi tahukah anda bahwa tidak semua aplikasi gratis android tersebut baik bagi device anda?
Purdue University bekerja sama dengan Microsoft telah melakukan penelitian dengan seksama untuk mengetahui pengaruh aplikasi gratis bagi perangkat android.
Mereka menguji HTC Passion (Nexus One – Android 2.3) dengan beberapa aplikasi gratis seperti Angry Birds, Free Chess, Android Browser, MapQuest dan New York Times app.
Hasilnya sangat mengejutkan! Baterai android berkurang 70% lebih cepat saat memainkan Angry Birds. Hal ini dikarenakan adanya proses upload user data secara background, seperti informasi lokasi pengguna, dsb. Selain itu borosnya baterai juga diperparah dengan proses download dan penampilan iklan di aplikasi gratis tersebut. Hasil yang mirip juga ditunjukkan oleh aplikasi-aplikasi gratis lainnya seperti Free Chess.
Selain itu beberapa aplikasi gratis juga memiliki bug. Misalnya saja bug di aplikasi Facebook yang membuat CPU android tidak bisa memasuki sleep mode, walaupun ketika aplikasi facebook tersebut di terminate. Ini selain memboroskan baterai, juga membuat CPU device android bekerja keras.
Aplikasi gratis yang tidak well coded atau clean code juga bisa membuat perangkat android menjadi lemot dan boros baterai.
Dari penelitian tersebut, bisa diambil beberapa hal penting :

1. proses download dan penayangan iklan di aplikasi gratis android membuat penggunaan baterai jauh lebih boros.
2. sebagian proses tracking aplikasi gratis android (informasi lokasi user, dll) membuat penggunaan baterai jauh lebih boros.
3. aplikasi yang tidak well coded atau clean code seringkali membuat perangkat android menjadi lemot dan boros baterai.
4. bug yang terdapat di beberapa aplikasi gratis android bisa membuat CPU bekerja terlalu keras, sehingga perangkat tersebut bisa menjadi cepat rusak.
Berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk meminimalisir masalah-masalah tersebut :

1. Pastikan anda menggunakan aplikasi android sesuai keperluan anda. Memang ada banyak sekali aplikasi android yang gratis dan menarik, namun sebaiknya anda tidak menggunakannya jika memang tidak begitu memerlukannya.
2. Pastikan anda membaca review yang ada di Google Play terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menginstall sebuah aplikasi. Jika banyak yang komplain atas aplikasi tersebut, sebaiknya anda mencari aplikasi alternatifnya jika ada.
3. Upayakan selalu menginstall aplikasi dari vendor yang terpercaya.
4. Hindari menggunakan aplikasi gratis yang menampilkan terlalu banyak iklan.

Kesimpulannya, tidak semua aplikasi android itu baik..kita harus selektif untuk memilih aplikasi.


Blog, Updated at: 20.13

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email