Mengetahui Tekanan Angin dan Volume Ban Motor

Written By Irawan ganteng on 27 Maret 2012 | 20.36

PhotobucketBicara soal tubeless dan tube type, keduanya punya perbedaan. Sesuai nama, tubeless yang tak lagi aplikasi ban dalam sedang tube tipe mengharuskan pakai ban dalam lagi sebagai pendukung ban luar. Tapi, soal tekanan angin, keduanya bisa punya nilai yang sama.Tekanan angin ban untuk pemakaian harian, bermain di rentang 29–31 psi. Itu berlaku untuk tipe ban tubeless dan tube type.

Tapi, tidak menutup kemungkinan kalau tekanan angin di ban tubeless bisa dibuat lebih rendah dari ban yang aplikasi ban dalam. Misalnya jika di tube pakai tekanan 31 psi, maka di ban tipe tubeless bermain di 27 psi.Itu bisa saja. Karena struktur ban tubeless sendiri memungkinkan. Misalnya, dari side wall tubeless yang lebih keras dari tube type.Itu jika bicara soal tekanan, lho. Karena jika dilihat dari volume udara yang dipakai buat mengeraskan ban, tentu beda. Perbedaan ini juga disebabkan pemakaian dan tipe ban itu sendiri.

Volume atau jumlah angin yang dipakai buat pengerasan ban tubeless lebih banyak ketimbang ban tube.karena tak banyak penghalang. Artinya, udara di ban tubeless terus mengisi hingga ke bibir pelek. Meskipun, di ban tipe itu mengaplikasi inner linner sedikit lebih tebal dari tube type.Sedang di ban tube type, angin hanya berfungsi buat mengeraskan ban dalam sehingga menekan ban luar agar mengembang keras.

Cerita lain soal ban di balap, tak sedikit dari tim yang aplikasi ban dalam buat melapisi ban tipe tubeless.Ini cukup berguna untuk di trek atau lintasan bumpy. Terutama ketika ban dipakai mengerem keras dan mantul-mantul. Sehingga tidak ada kebocoran udara. Tapi, kalau di trek yang lintasannya rata, tidak perlu.Kondisi seperti ini memungkinkan, karena tekanan angin di ban balap tentu sedikit berbeda dari ban harian. Tekanan anginnya lebih rendah. Malah, bisa bermain di angka 20 psi lho, tergantung kebutuhan. Begitunya udara tak keluar melalui bibir pelek dan sebabkan tekanan angin berkurang.
Blog, Updated at: 20.36

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email