Cara menentukan rasio gear motor

Written By Irawan ganteng on 12 April 2012 | 04.43

Sob,pernah ga kita memikirkan penerus gerak yang satu ini?salah menghitung rasio efeknya bisa kerasa banget.Bisa kok dirasakan pas dijalan nanjak atau dijalan lurus cie..trek lurus critanya tu..kalau gear belakang kegedean,bakal teriak tu motor,tapi kalau buat nanjak,mantap pokoknya!seperti mountain bike,kan gear belakang gede tu,makanya enak aja klo diajak ngelibas gundukan/tanjakan.


Jadi,tidak cuma rasionya saja yang mempengaruhi performa. Besar atau kecil ukuran sproket atau gir pun berefek besar di kecepatan tinggi.rantai sebagai penerus gerak sproket depan ke sproket belakang sangat efisien di kecepatan rendah. Sekitar 98 %. Tapi, begitu kecepatan bertambah hingga top speed, efisiensi rantai drop hingga 85%.lebih baik pakai gir bermata ganjil dan genap, daripada genap-genap atau ganjil-ganjil. Supaya pemakaian antar mata gir merata.


Gir kecil enteng. Tapi, kekecilan pun masalah. Terutama gir depan. Sebab, gigi yang berfungsi mengait rantai amat sedikit. Alhasil kerja gir terlalu berat dan gesekan antar sambungan rantai besar, boros bensin.


Gir dengan mata terlalu banyak pun punya kelebihan dan kekurangan.kekurangannya bobot jelas lebih berat. Tapi, efek gesekan saat rantai menekuk di gir lebih sedikit.Pergerakan rantai di gir jadi lebih mulus. Kita merasa motor lebih lancar jalannya.


Jadi  Cara menentukan rasio gear motor paling enak tu  bertahan dengan rasio sproket dari pabrikan atau ganti dengan rantai dan gir lebih tipis tapi jumlah matanya sama.
Blog, Updated at: 04.43

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email