5 Jenis Makanan yang Dapat Memperkuat Gigi

Written By Irawan ganteng on 16 Mei 2012 | 23.54

Intermezo - Diet kaya nutrisi juga memiliki peran penting untuk memperkuat gusi dan gigi. Mencegah karies serta memberikan senyum dengan gigi putih yang indah. Berikut ini beberapa jenis makanan yang membantu memperkuat dan menyehatkan gigi, seperti dilansir oleh Health Me Up.

1. Makanan Pelindung
Beberapa komponen makanan dapat membantu mengurangi karies gigi (Cariostatic), itulah kenapa makanan-makanan tersebut dikenal dengan sebutan makanan pelindung. Jenis makanan ini mengandung kalsium dan fosfor, contohnya produk kacang-kacangan. Dalam jumlah yang tepat, makanan tersebut dapat mengurangi asam yang diproduksi oleh bakteri di mulut dan membentuk lapisan pelindung pada email gigi.

2. Gandum Utuh
Gandum utuh seperti cornflakes dan oatmeal lebih baik untuk dikonsumsi dibandingkan dengan gandum olahan seperti mie, pasta, biskuit dan produk roti dari tepung putih lainnya. Gandum olahan, makanan yang mengandung tepung dan juga gula adalah karbohidrat yang difermentasikan sehingga menjadi penyebab utama yang berkontribusi terhadap pembentukan asam dalam rongga mulut.

3. Buah dan Sayuran
Buah dan sayur mengandung serat, sehingga diperlukan banyak kunyahan untuk mengolahnya. Hal ini berpengaruh pada peningkatan produksi air liur untuk perlindungan rongga mulut. Sayuran hijau kaya akan vitamin A dan protein yang menjaga gigi dan tulang selalu dalam kondisi yang baik.

4. Susu dan Segala Produk Susu
Susu merupakan sumber penting dari kalsium untuk diet Anda. Disarankan untuk minum minimal 250-500ml susu sehari. Susu rendah lemak lebih banyak diminati mengingat konsumsi susu (dengan lemak) berlebih bisa meningkatkan kolesterol dalam darah.

5. Daging, Ikan, Unggas dan Telur
Daging kaya akan protein, zat besi dan vitamin B12. Menurut panduan piramida makanan oleh World Health Organization, orang dewasa harus makan 2-3 porsi produk daging setiap hari (masing-masing sekitar 110 gram). Selain daging, vegetarian dapat memilih alternatif seperti tahu, kacang-kacangan, lentil, biji-bijian dan sayuran lainnya yang berprotein tinggi.
Blog, Updated at: 23.54

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email