Cara Membaca Kedipan Indikator Kerusakan Motor Injeksi Honda

Written By Unknown on 15 Mei 2012 | 20.40




Intermezo - Cara Membaca Kedipan Indikator Kerusakan Motor Injeksi Honda.Artikel ini bersumber dari motorplus online dan saya mencoba menulis ulang agar teman semua yang sedang mengatasi kerusakan pada motor injeksi honda bisa paham.Injeksi PGM-FI pada sepeda motor Honda sudah sampai pada generasi ke 4. Pada tingkatan ini jumlah sensornya makin berkurang tapi diklaim memiliki kinerja yang sama baiknya. 

Motor-motor yang sudah mengusung injeksi generasi ke 4 diantaranya Honda Supra X 125 PGM-FI, Spacy Helm In PGM-FI dan Vario Techno 125 PGM-FI. Yang membedakan dari generasi sebelumnya adalah dimensinya yang lebih kecil dan jumlah sensornya yang disederhanakan. 

Pada generasi sebelumnya ada 6 sensor yaitu; Manifold Absolute Pressure (MAP), Intake Air Temperature (IAT), Throttle Position Sensor (TPS), Engine Coolant Temperature (ECT) atau Engine Oil Temperature (EOT), Crankshaft Position (CKP) dan O2 Sensor. Sedang pada generasi terbaru ini MAP dan IAT ditanggalkan, fungsinya digantikan oleh CKP dan O2 Sensor.

PGM-FI generasi 4 ini juga dilengkapi dengan indikator kerusakan.Sama seperti sistem injeksi lainnya, kerusakan bisa dengan mudah dilacak. Honda menyebut lampu indikator yang menunjukan kegagalan fungsi sensor dengan MIL ( Malfuction Indicator Lamp). Posisinya ada pada panel speedometer.

Kedipan lampu MIL akan terjadi setelah kunci kontak diputar pada posisi “on”. MIL akan menyala selama 2 detik dan akan mati (kalibrasi).Jika tidak ada kegagalan fungsi sensor injeksi maka lampu akan mati. Tapi jika ada yang tidak beres maka lampu MIL akan berkedip.

Ada dua kedipan dasar, kedipan panjang dan pendek. Kedipan panjang diartikan sebagain puluhan. Berkedip panjang selam satu kali artinya 10, berkedip panjang dua kali artinya 20. Kalau berkedip pendek satu kali berarti 1, dan seterusnya. Kedipan pendek berlangsung hanya 0,3 detik saja. Sedang kedipan panjang 1,3 detik. 

Berikut arti kedipan dan kode kerusakan pada motor-motor injeksi keluaran Honda khususnya generasi ke 4. Kalau lampu MIL menyala langsung hubungi dokter!!! eh,segera bawa ke bengkel biar dicek apa sih yang eror?
oke??
Berikut rumus dan arti kedipan MIL ( Malfuction Indicator Lamp)
7 Kedipan : Engine Oil Temperature/Engine Coolant Temperature.
8 Kedipan : Throttle Position Sensor
12 Kedipan : Injector
21 Kedipan : O2 Sensor
33 Kedipan : Engine Control Module (ECM)

Selamat mencoba!
Blog, Updated at: 20.40

1 komentar:

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!