Cara Menghemat BBM (Bahan Bakar Minyak)

Written By Irawan ganteng on 11 Mei 2012 | 21.22

Intermezo - Sob,ini adalah cara irit BBM ala Intermezo.Bensin mahal,harga naik,tapi gaji kita ga naik.halah - halah.pusing lah kita.menghemat bahan bakar kerap disiasati dengan mencekik pasokan bahan bakar dari karbu. Misalnya, spuyer dikecilin.Itu dulu !!!.Efek dari tindakan tersebut adalah mesin jadi lebih panas dan motor ogah ngacir. Ada cara baru bikin motor irit, tapi performa naik. Modalnya, cuma koil dan kabel busi high perfomrance.


Begini,Koil merupakan peranti yang berguna mempertinggi tegang-an listrik. Itu didapat dari kerja dua jenis kumparan di dalam koil. Kumparan pertama disebut primer dan satunya sekunder. Ya kayak trafo pada arus bolak-balik atau AC (Alternating Current). Bedanya, pada sistem kelistrikan motor kebanyakan bekerja dengan sistem arus searah DC (Direct Current).


Dikatakan koil racing karena punya kemampuan meningkatkan tegangan dari CDI yang diumpankan ke busi lumayan besar. Tegangan yang dihasilkan lebih besar dari koil standar.Karena tegangan lebih besar, pengapian yang dihasilkan busi pun lebih bagus. Dan hasilnya, terjadi pembakaran lebih sempurna. Makin sempurna pembakaran, tidak ada gas bahan bakar yang terbuang percuma. Inilah yang membuat power motor meningkat tapi bahan bakar lebih irit. 


Kesimpulannya???

Irit itu = pembakaran sempurna.


mengganti komponen pengapian bisa meningkatkan power. Otomatis bisa membuat irit bensin. Namun perlu tahu komponen mana saja yang paling besar meningkatkan power.

Untuk motor tipe CDI Analaog(CDI zaman dulu/generasi pertama) .Pick up koil atau tonjolan di magnet sebagai sensor pulser. Dari sini CDI membaca timing atau derajat pengapian. Yang dibaca ujung paling depan dan belakang. Makanya zaman dulu banyak yang modifikasi tojolan pulser ini.Cara modifikasi tonjolan pulser di magnet ada yang dipotong atau dipanjangkan. Dimaksudkan agar pembacaan timing pengapian bisa lebih maju atau mundur.
Di motor sekarang yang sudah menganut CDI digital, tidak bisa lagi main potong pick pulser di magnet.Karena pembacaannya tidak hanya di awal dan ujung tonjolan.Makanya di motor sekarang untuk utak-atik derajat pengapian dianjurkan ganti CDI racing. Kalau mau fleksibel gunakan yang programmable.

CDI racing memungkinkan pengapian lebih advanced paling menguntungkan. Dari hasil pengujian yang dilakukan di motor bebek atau matic, power paling besar dibanding otak-atik atau penggantian komponen lain.Namun kabel dan tutup busi bisa bikin stabil pengapian. Atau bahkan grafik power cenderung lebih tinggi meski power maksimum tidak banyak pengaruh. Jadi, sebenarnya hanya bagus untuk akselerasi. Bagus buat tarik-tarikan aja.






Blog, Updated at: 21.22

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email