Pengertian Choke dan Cara Pemakaiannya

Written By Irawan ganteng on 25 Desember 2011 | 22.18



Choke,seperti kita ketahui chokemerupakan komponen karburator yang sangat membantu kita apabila kita akanmenyalakan mesin motor kita dikala motor kita dalam kondisi dingin.Choke diIndonesia umumnya tipe butterfly dan tipe piston.dan sedangkan tipe piston adayang manual dan ada juga yang tipe otomatis.
 Gb.Choke type butterfly
Sekarang bagaimana choke itubekerja?mulai dari choke tipe butterfly,cirinya adalah dimoncong sebuahkarburator ditemukan semacam katup yang bias menutup lubang ventury.sehinggafungsinya nanti dia (choke red) akan mengurangi udara yang masuk dan nantinyaakan mempengaruhi komposisi udara dan bensin yang akan tercampur.berbeda dengantipe piston,tipe piston punya saluran sendiri dan dia (tipe piston) bukan untukmengurangi udara,melainkan menambahkan debit bensin yang akan masuk ke lubangventury,bensin masuk dari lubang pelampung ke lubang udara(ventury).

 Gb.Choke type piston
Sekarang bagian palingpenting,bagaimana pengoperasian choke yang benar?kembali ke prinsip choke yaitutidak menyeimbangkan komposisi udara dan bensin.Untuk type butterfly,sewaktuakan menghidupkan mesin,starter mesin dan buka gas selama 3detik dan biarkanstarter hidup dan tutup gas,jangan terlalu lama karena kita tidak dianjurkanberlama lama membuka gasnya,hanya 3detik agar tidak mubadzir bensin.sedangkanuntuk type piston,jangan sekali kali membuka gas,karena kita type inimenambahkan bensin,bukan mengurangi udara.kalau dibuka gasnya(skep) takutnyabukanya hidup mesinnya,malah ngadat karena ruang kompresi terlau banyak bensin.

Silahkan share artikel inijika menyukainya.dan sertakan link sumbernya,
Maju terus otomotif diIndonesia..!!!
Blog, Updated at: 22.18

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email