Tips Merawat Rantai Motor

Written By Irawan ganteng on 28 Desember 2011 | 19.26


Rantai adalah komponen darisebuah sepeda motor yang sangat vital dan sering dilupakan dalam halperawatannya.Ada yang tidak lupa merawat tetapi caranya salah.dan ini merupakansalah satu faktor cepat aus dan rusaknya rantai,lebih parah lagi kalau rantaiputus saat kita berkendara.Sebenarnya disetiap pin dan bushing rantai sudahdilengkapi dengan oring penyekat,dan didalam bushing sudah diberikan pelumaskhusus.
Add caption

Berikut tips dalam merawat rantai sepeda motor :
1.Ukur tingkatkekencangan pada rantai.Jarak sambungan atau ukuran kekencangan dapat mempengaruhi kencang ataupunkendurnya rantai.
2.Periksa bagian lainrantai secara teliti yaitu bagian pin dan sambungan. Apakah pemasangannya sudah benar?Lihat, apakah ada perubahan pada posisi pin dan sambungan. Sebab, jika terjadikesalahan dalam pemasangan atau posisi klip atau penguncinya berubah, dapatmenyebabkan rantai lepas dari sambungan. Biasanya hal ini terjadi ketika Andamemacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi atau memacu sepeda motor denganbeban berat.
3.Periksa posisiantara rantai dengan penutupnya.Atur posisi rantai dengan menghidari terjadinya gesekan antara rantai penutup,sehingga dapat mengurangi keluarnya suara yang bising.
4.Pilih pelumas yangtepat sehinggamembantu mengurangi keausan rantai. Selain itu, Pelumas juga akan membantu umurrantai lebih awet.diusahakan jangan menggunakan oli bekas,gemuk,atau dicucipakai bensin,gunakanlah oli khusus rantai.
5.Segera periksa jikaterdengar bunyi-bunyi aneh yang keluar dari rantai. Biasanya, disebabkan oleh longgarnyarantai sepeda motor dan keringnya rantai.
6.Periksa kebersihanrantai sepeda motor.Lakukan perawatan rantai secara karena penting penting untuk kekuatan rantaisepeda motor.ingat,jangan dicuci pakai bensin!

 Sumber : tipsmotor.com
Blog, Updated at: 19.26

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email