Tips memilih oli Buat Motor

Written By Irawan ganteng on 28 Desember 2011 | 20.12


 Oli adalah komponen pelumas dalam sebuah mesin.Dan fungsioli seringkali hanya dianggap sebagai pelumas mesin padahal oli juga memilikifungsi lain yang tidak kalah penting, seperti sebagai pendingin, pelindung darikarat, pembersih dan penutup celah pada dinding mesin.
Sebagai pelumas, olimembuat gesekan antar komponen dalam mesin menjadi lebih halus dan memudahkanmesin mencapai suhu kerja yang ideal. Oli juga bertindak sebagai fluida yangmemindahkan panas ruang bakar ke bagian lain dari mesin yang lebih dingin.
Melihat fungsi penting dari oli, maka perlulah kitamengetahui bagaimana cara memilih oli yang tepat untuk mesin sepeda motor kitaagar mesin sepeda motor bekerja secara optimal dan lebih awet tentunya.
Berikut Tips memilih Oli buat kendaraan kita :



Ø Pertama,mengenalbahan dasarnya, ada 3 jenis oli dilihat dari bahan dasarnya yaitu:
1.Mineral
2.Synthetic blend (Semi Sintetik)
3. Full Synthetic
Secara kasat mata sulit untuk membedakannya namunyang pasti tiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing olimineral lebih tahan terhadap penguapan namun viskositas (kekentalannya) mudahberubah karena tidak tahan suhu tinggi dan kondisi ekstrim sedangkan olisintetik lebih mudah menguap tapi viskositasnya lebih stabil dan tahan dalamkondisi ekstrim panas maupun dingin.
Oli mineral cocok untuk motor keluaran tahun lamakarena clearance atau celah-celah mesinnya lebih renggang, lain halnya denganoli semi sintetik yang lebih cocok untuk motor-motor keluaran tahun terbaru,sedangkan oli full sintetik lebih cocok pada motor high performance, multisilinder, multi klep dan berkompresi tinggi atau motor yang digunakan untukkeperluan kompetisi (balap), sebenarnya motor harian tidak haram menggunakanoli full sintetik hanya saja akan menjadi mubazir karena dari segi ekonomis oliyang benar-benar full sintetik harga per liternya mahal sekali.

Ø Kedua,kenali kode – kode dan sertifikasi pada kemasan Oli.
Kalau kita baca dan perhatikan pada kemasan Oli adatulisan kode huruf dan angka misalnya seperti ini : (10W-40 API service SL / JASOMA2). Kalau teman baca tulisan tersebut gak usah bingung apa maksudnya, kode –kode tersebut merupakan “sertifikat” dan keterangan yang diberikan olehperusahaan pembuat oli tersebut, Sertifikat terhadap kualitas oli secarainternasional beragam, namun yang umumnya sering dipakai sebagai standar oli didunia adalah API dan JASO. Lalu apakah API dan JASO itu?
API yang ini bukan buat masak locah melainkanAmerican Petroleum Institute, adalah lembaga yang mengetes dan memeriksakualitas oli yang dipakai di negara-negara eropa dan amerika dan umumnyastandar API sudah dimiliki oleh hampir seluruh merek oli.
API Service biasanya menggunakan inisial S = untukbensin dan C = untuk solar. Adapun huruf yang mengikuti di belakangnyamerupakan tingkatan (grade) dari oli tersebut. Contoh: SA, SB, SC, SD, SE, SF,SG, SH, SJ, SL (bensin) CA, CB, CF, CH, CH4 (solar).
Semakin jauh abjad yang mengikutinya, semakin baguskualitas oli tersebut dan telah memenuhi syarat oli sebelumnya. Dengan katalain kendaraan yang dianjurkan menggunakan oli dengan grade SH dapatmenggunakan oli grade SL. Tetapi tidak sebaliknya karena akan ada efek sampingseperti mudah oli menguap, terlalu cepat minta diganti, mudah berubah warnadll. Berikut grade yang ada di pasaran (untuk bensin):
API Service SL: untuk kendaraan tahun 2001
API Service SJ: untuk kendaraan tahun 1996
API Service SH: untuk kendaraan tahun 1996
API Service SG: untuk kendaraan tahun 1993
Sedangkan JASO (Japanese Automotive StandarAssociation) adalah lembaga di jepang yang mengecek dan menguji kualitas oliuntuk kendaraan di negaranya (timbul pertanyaan kok jepang ngeluarin standaroli sendiri?) itu karena karakteristik mesin dan kendaraan buatan eropa dengankendaraan buatan jepang berbeda. Motor-motor buatan jepang umumnya menggunakankopling basah sedangkan kendaraan buatan eropa menganut sistem kopling keringyang artinya tidak terendam oli sehingga kendaraan buatan eropa cukup dengansertifikasi API sedangkan kendaraan buatan jepang selain sertifikasi API wajibmemiliki sertifikasi JASO.
JASO MA adalah kode untuk menunjukkan bahwa olitersebut sangat cocok untuk motor berkopling basah (terendam oli) dan umumnyasemua motor yang masuk ke indonesia menganut sistem kopling basah jadi sayasarankan pilih oli HARUS punya sertifikasi ini, kalau gak ada kode inimendingan jangan pilih oli tersebut, karena akan beresiko kanvas kopling motorsobat cepat aus dan selip bahkan gosong. Sedangkan kode di belakang JASOmenunjukkan kualitas sertifikat. Yang paling tinggi adalah JASO MA2 jadi klobisa pilih yang kode MA nya paling tinggi. Khusus untuk motor matic pilih yangada kode JASO MB karena tipe mesinnya berbeda.
Terus kode angkanya (misal 20w-50 atau 10w-40)artinya apa tuh? ini artinya oli memiliki tingkat viskositas atau kekentalandengan indeks (10) pada keadaan dingin (Winter) dan akan berubah menjadikekentalan dengan indeks (40) pada suhu 100 derajat celcius.
Lalu bagaimana dengan motor matic bisakah pakai olimobil? Kan sistem transmisinya terpisah dari mesin tuch. Jawabannya sama yaitutidak direkomendasikan, alasannya meskipun mesinnya mirip-mirip dengan mobiltapi faktanya mesin motor baik itu matic atau motor apapun lebih stressdaripada mesin mobil, bisa dilihat dari RPM nya. Putaran mesin motor bisasampai 9000 RPM (belum red line) bahakan lebih, sedangkan mobil pada umumnyahanya 6000 RPM (lebih dari itu masuk red line), sehingga motor lebih memerlukanoli yang tahan banting dan tahan stress karena melumasi tiga bagian pentingyaitu mesin ( piston, klep, kem, kruk as brikut teman2 nya), kopling, dangearbox. Jika dipaksakan pake oli mobil yang hanya diformulasikan untuk mesinsaja dikhawatirkan olinya lebih cepat minta ganti, performanya cepat menurunlalu kekentalannya mudah berubah sehingga tidak mampu bekerja maksimalmelindungi mesin, ujung – ujungnya bisa merusak mesin.Untuk mesin motor 4tak biasanya ada tulisan 4T atau kalau gak ada tandatersebut cukup baca kodenya saja kalau ada kode JASO MA itu tandanya untukmotor kopling basah, kalau JASO MB untuk motor matic.

Sumber : www.untukku.com

Blog, Updated at: 20.12

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email