5 Hal Ini Sebelum Beli Komputer Tablet

Written By Irawan ganteng on 26 Januari 2012 | 10.49

Photobucket


Setelah Apple merilis iPad di awal 2010, komputer tablet pun mulai memasuki era kejayaannya. Lebih tipis dan ringan daripada netbook, tablet sangat mudah dan praktis dibawa kemanapun. Gadget yang satu ini menawarkan fasilitas browsing dan berkirim email yang sangat mudah, namun lebih jelas dilihat karena layar yang lebih besar dibandingkan ponsel atau smartphone.

Sejumlah keunggulan itulah yang menjadikan tablet tren baru dalam dunia gadget dan cukup banyak difavoritkan. Berbagai brand pun berlomba-lomba menciptakan tablet terbaiknya. Banyaknya jenis komputer tablet yang dijual di pasaran, menuntut konsumen untuk pintar-pintar memilih jika ingin membelinya. Berikut ini hal-hal yang sebaiknya Anda perhatikan, saat akan membeli komputer tablet, seperti dikutip dari Wired.


1. Layar
Layar merupakan faktor yang paling penting dalam memilih tablet. Sebagian orang menginginkan layar tablet yang lebar untuk memudahkan jari menyentuh layar, mengetik atau streaming video. Namun sebagian lainnya mungkin lebih memilih ukuran tablet yang lebih kecil agar beban di dalam tas tak terlalu berat. Sesuaikan dengan kebutuhan, keinginan dan aktivitas Anda.

Perlu juga memerhatikan resolusi layar. Semakin besar piksel perempat incinya, berarti gambar yang dihasilkan juga lebih tajam untuk streaming video atau film, dan tulisan lebih jelas dibaca. Namun kualitas gambar juga ditentukan dari pigmen warna, kontras dan tingkat kecerahan. Sebelum membeli, tes lebih dulu seberapa responsif layar dengan sentuhan tangan Anda.

2. Koneksi Nirkabel
Hampir semua komputer tablet dilengkapi dengan Wi-Fi, tapi tingkat kecepatannya bisa berbeda-beda. Beberapa tipe tablet menyupport 802,1b/g, yang cukup ideal jika Anda hanya menggunakannya untuk melihat atau mengirim email, jejaring sosial atau browsing. Tapi jika Anda ingin media-streaming atau perlu mendownload file dengan kapasitas besar, maka sebaiknya pilih tablet dengan 802,11n.

Tablet yang dilengkapi koneksi 3G sangat cocok bagi Anda yang ingin tetap lancar ber-internet meskipun berada di luar jangkauan hotspot. Tapi itu juga tergantung dari coverage area yang ada di tempat Anda. Mungkin Anda juga memerlukan tablet dengan fitur GPS, jika Anda hobi travelling atau kurang mengenal jalan. Pertimbangkan juga Bluetooth. Fitur ini bisa cukup berguna untuk kemudahan transfer data.

3. Sistem Operasi dan Aplikasi
Tablet umumnya menggunakan sistem operasi Android dan Apple iOS --khusus untuk iPad. Masing-masing memiliki keunggulan dan keterbatasan. Sistem operasi keluaran Apple menawarkan app store yang cukup besar, namun kurang dalam support Adobe Flash sehingga pengalaman berselancar di dunia maya terbatas.

Sementara tablet berbasis Android menawarkan pilihan yang lebuh banyak untuk bermacam aplikasi, namun quality control nya tak seketat Apple. Pada intinya, ada banyak aplikasi menarik yang sama atau mirip dengan iPad, namun aplikasi yang kompatibel dengan Android lebih rentan terkena bug.

4. Kapasitas Memori
Anda akan memerlukan kapasitas memori yang cukup besar jika ingin menggunakan tablet sebagai sarana hiburan, seperti menyimpan film, video atau musik. Kebanyakan tablet menggunakan memori berbasis RAM. Selain harganya lebih mahal, Anbda juga tidak bisa menambah memori. Namun ada pula beberapa model tablet yang walaupun memori tidak terlalu besar, namun menyediakan slot SD atau microSD yang memungkinkan Anda bebas meng-upgrade kapasitas penyimpanan data sesuai keinginan.

5. Input dan Output
Karena bentuknya yang sangat tipis, kebanyakan komputer tablet hanya memiliki 3,5mm headphone jack dan slot USB. Bahkan untuk iPad tidak memiliki slot USB sehingga gadget yang bisa terhubung ke iPad (kamera digital, flash disk) juga terbatas.

Pertimbangkan, apakah Anda akan menggunakan tablet sebagai pengganti desktop/notebook atau tidak. Jika ya, maka perlu memilih tablet yang dilengkapi tambahan port seperti HDMI untuk memudahkan Anda melihat video atau foto dari tablet ke TV.
Source:www.detik.com
Blog, Updated at: 10.49

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email