7 Tips Memaksimalkan Skype

Written By Irawan ganteng on 27 Januari 2012 | 17.28

Skype memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan PC ke PC secara gratis dengan bantuan internet. Maksimalkan pemanfaatan program ini dengan tips-tips yang tersaji berikut, seperti dikutip detikINET dari TechRadar, Senin (14/11/2011):


1. Tes dulu Piranti Anda

Pertama-tama tes dulu kualitas suara di piranti Anda sebelum Anda memulai percakapan. Caranya, klik 'check your sound works' kemudian klik buttonnya untuk mengetes masing-masing piranti yakni speaker, mikrofon dan video.

Jika tes ini gagal, maka Skype akan memberikan arahan dasar untuk mengatasi kegagalan tersebut.

Skype juga akan membantu user membuat tes panggilan. Pengguna tinggal mengklik dial di sebuah nomor dan ia akan mendengarkan suara wanita kemudian merekamnya untuk kemudian didengarkan ulang. Hal ini dilakukan untuk mengecek kualitas suara mikrofon dan memastikan volumenya pas.

Skype memang sudah menyetting mic dan volume headphone untuk memperbaiki masalah yang muncul, tapi Anda bisa melakukannya di Tools-Settings-Audio Settings-dan klik 'Show advanced options'.

2. Cobalah Bluetooth

Skype bekerja di semua mikrofon, speaker atau headphone, termasuk headset Bluetooth selama komputer Anda memiliki Bluetooth receiver.

Saat bluetooth receiver di PC Anda aktif dan headset Anda dalam kondisi pairing, klik 2x di ikon Bluetooth lalu klik 'Add' di bawah 'Device'. Arahkan ke'My device is set up and ready to be found', lalu klik 'Next' hingga Windwos menemukan lokasi headset dan terkoneksi.

3. Instant Messaging

Skype bisa bekerja layaknya program pesan singkat seperti Yahoo dan Windows Live Messenger. Pengguna bisa berpindah-pindah dari panggilan telepon ke pesan singkat atau melakukannya di saat bersamaan. Tinggal pilih kontak mana yang ingin dikirimi pesan dan klik 'Send' untuk memulai perbincangan.

Anda bisa juga mengeset Skype untuk hanya menerima pesan dari orang di contact list saja dan memilih untuk menyimpan history semua percakapan.

4. Start with Windows

Secara default, Skype langsung start ketika Windows dibuka. Hal ini memudahkan pengguna yang memang ingin memakai Skype, tapi menjadi agak mengganggu bagi yang tidak. Anda bisa mengeset Skype agar hanya aktif saat Anda membukanya dengan mengklik 'Tools-Options-General settings' dan membersihkan box yang ditandai 'Start Skype when I start Windows'.

5. Voice Mail

Anda bisa mengeset voice mail yang bekerja saat Anda sedang offline. Klik 'Tools-Options-Calls-Show advanced options' kemudian pilih 'Voicemail'. Centang box 'Send unanswered calls to voicemail' dan klik tombol 'Record' dan gunakan mikrofon Anda.

6. Extras

Dengan extras, Anda akan mendapatkan lebih banyak fungsi Skype via plugins. Di versi terbaru Skype, Extra Manager dinonaktifkan secara default.

Dalam kasus ini, Anda perlu menguninstall dan mereinstallnya. Unduh versi Skype yang disediakan laman Extras. Ini adalah versi lama. Saat software diinstal, klik 'Options' di halaman Hello lalu centang 'Install Skype Extras Manager' dan klik 'I agree - Install'.

Jika sudah, sign kembali ke Skype dan pilih 'Tools-Extras-Get extras'. Beberapa extra memungkinkan pengguna untuk berbagi whiteboard atau bermain game dengan teman-teman di contact list.

7. Skype button

Anda bisa menambahkan tombol Skype di situs atau blog sehingga pengunjung tahu jika Anda sedang online. Jika mereka memiliki Skype yang telah diinstal di PC, maka mereka bisa membuat panggilan pada Anda dengan sekali klik.

Andapun bisa juga menambahkan button di email signature sehingga penerima email bisa mengkliknya dan langsung berkomunikasi via Skype.

Kunjungi halaman Skype button dan masukkan username Anda. Pilih button style yang ingin Anda gunakan. Setelah semua detail dimasukkan, previewnya akan muncul di samping embed code. Copy-paste kode ini sebagai HTML source di situs atau email signature Anda.
Blog, Updated at: 17.28

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email