Mengusir Pemotor dari Trotoar dengan Telentang di Jalan

Written By Irawan ganteng on 28 Januari 2012 | 07.36

X-gan - Jika perempuan misterius mengusir perampas hak pejalan kaki dengan "menasihati" pemotor di Semanggi, beda dengan Anthony Ladjar. Anthony memperjuangkan hak pedestrian dengan tidur telentang di jalan!

Seperti tampak dalam foto di atas, Anthony telentang di trotoar mencoba menghalangi sepeda motor yang akan lewat di jalur tak semestinya. Foto itu diunggah di laman Facebook milik Deddy Herlambang pada 21 Juni 2011.


"Trotoar ditiduri Om Anthony untuk mencegat pengendara motor di depan Gedung BNI Kota Tua," demikian caption foto itu di laman FB Deddy.

Anthony Ladjar adalah pegiat KRL Mania. Aksinya dipotret oleh Deddy, seorang konsultan yang juga pengguna KRL Commuter Serpong-Kebayoran Lama.

Sebagai masyarakat yang menggunakan transportasi massal seperti kereta dan bus TransJ, Anthony dan Deddy akrab dengan aktivitas jalan kaki. Karena prihatin terhadap para pejalan kaki yang selalu kalah di jalurnya, para pengguna KRL itu lantas berkumpul, berdiskusi dan beraksi. Koalisi Pejalan Kaki (KPK), itu sebutannya. Aksi mereka tampak seperti foto-foto di atas itu.

"Saat itu kalau tidak salah Juni-Agustus 2011, saat liburan sekolah. Jadi saat itu tempat itu sangat ramai anak-anak berlibur, rekreasi di sana, orang-orang atau anak-anak jangan sampai terganggu," jelas Deddy.

Di kawasan Kota Tua, imbuhnya, trotoar sangat lebar. Namun para pejalan kaki malah ketakutan pada pemotor yang menguasai trotoar dan akhirnya melipir minggir. Saat memulai aksi itu, KPK hanya ada beberapa orang yang langsung menghalangi para pemotor lewat trotoar.

Deddy dan kawan-kawan juga memasang spanduk di trotoar agar pemotor tak lewat. Namun ada yang memaksa untuk lewat bahkan marah-marah.

"Secara kuantitas, kami sedikit. Kami kalah menghadang motor. Dipelototi, dimarah-marahi dan dimaki-maki. Bertindak benar malah menjadi salah. Kita juga melihat Pak Polisi lewat di sana (trotoar), kalau kita mau mengadu, mengadu pada siapa," keluhnya.

Deddy menceritakan, aksi Anthony terinspirasi oleh keberanian perempuan misterius di Semanggi yang diunggah oleh Shantonio Siagian pada 3 September 2009. "Sebenarnya kami dapat inspirasi dari aksi ibu itu," katanya.
Blog, Updated at: 07.36

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email