ACG Bikin Suara Starter Vario Techno 125 PGM-FI Nyaris Tak Terdengar

Written By Irawan ganteng on 11 Maret 2012 | 16.56


Salah satu teknologi unggulan dalam konsep eSP (enhanced Smart Power) engine yang diusung Honda Vario Techno 125 PGM-FI adalah ACG starter. Starter elektrik baru ini tidak lagi membutuhkan dinamo starter konvensional untuk memutar kruk as dan menciptakan pembakaran awal.

Fungsinya digantikan oleh AC generator yang memiliki fungsi ganda. Sebagai starter sekaligus sebagai penghasil arus listrik untuk pengapian dan pengisian aki. Lalu apa keunggulannya?

"Karena tidak ada lagi dinamo starter dan mekanisme gigi starter maka suara kasar akibat gesekan antar komponen bisa dikurangi. Suaranya lebih halus dan minim getaran," buka Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor, PT Astra Honda Motor (AHM).


Pada performa dan konsumsi bahan bakar juga berpengaruh. Komponen yang semakin ringkas membuat putaran mesin lebih ringan. Tenaganya lebih responsif dengan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat.

Teknologi yang sebelumnya hanya ada pada Honda PCX 125 ini, kini bisa diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan komponen yang semakin sedikit harganya bisa ditekan.

"Teknologi itu mahal saat awal pengembangannya. Setelah volume produksinya besar harganya bisa lebih terjangkau. Apalagi lebih dari 90 persen komponennya sudah buatan dalam negeri," ungkap Endro.

Hal ini tentunya sesuai dengan komitmen Honda yang akan terus memasarkan model-model berteknologi tekini dengan harga yang kompetitif!
Blog, Updated at: 16.56

1 komentar:

  1. bisa d aplikasikan ke motor lain ga starter seperti vario

    BalasHapus

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email