Biar ga Nyangkut,Honda Vario Pakai Per Sok Smash

Written By Irawan ganteng on 1 Maret 2012 | 20.13


 Per Smash lebih panjang 6 ulir

Setelah beberapa bulan pemakaian, dari sok depan Honda Vario terdengar suara duk ketika melintas polisi tidur. “Tidak seberapa memang, tapi sebagian orang risih mendengar suara itu,” buka Agung dari bengkel SP Racing di Jl. Tomo, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat.

“Penyebabnya ulir per sok depan Vario terlalu renggang. Jadi, terlalu empuk, membuat bibir tabung sok menyentuh segitiga bawah ketika ban kena jalan keriting dan poldur. Timbullah suara duk..tadi!” jelas Agung SP, begitu dia biasa dipanggil.

Doi punya obat penawar buat ngilangin suara berisik tadi. Caranya mengganti per sok bawaan dengan milik Suzuki Smash. Karakter ulirnya lebih rapat dan memiliki bagian rapat-renggang. Namun panjangnya beda 6 ulir dibanding Vario.

Pasangnya, tahap awal melepas roda depan dulu. Ganjal bawah dek menggunakan kayu agar bagian depan tetap terangkat.

Lepas sok depan dari segitiga pakai kunci 12. Lanjutkan dengan membuka tutup sok depan menggunakan obeng plus. Tekan kemudian lepaskan klip penguncinya pakai tang lancip.

Setelah itu tebus per Smash dengan harga Rp 27 ribu sepasang. Lalu potong per Smash sebanyak 6 ulir. Ingat, yang dipotong di bagian ulir yang renggang. Gunakan gerinda supaya mudah.

Tinggal pasang per Smash. Jangan sampai lupa, posisi yang lebih rapat di bagian bawah. Juga perhatikan olinya. Biasanya berkurang karena pemakaian atau proses bongkar-pasang. Jadi, lakukan penambahan atau penggantian oli. Standarnya sok Vario sebelah 75 ml.

Setelah pakai per Smash, ayunan terasa lebih keras. “Tapi, suara duk hilang,” ujar Agung yang bisa diajak ngomong sok di Hp 0819-1144-2135. (motorplus-online.com)
Blog, Updated at: 20.13

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email