Cara Atasi Packing Knalpot Bocor

Written By Irawan ganteng on 7 Maret 2012 | 21.09


Material paking knalpot umumnya terbuat dari aluminium atau tembaga berlapis yang dicampur serat asbes. Namun paking almu yang empuk sangat mudah gepeng, sehingga disarankan cuma untuk satu kali pakai.

Berbeda dengan paking dari bahan kuningan. Rata-rata paking dari material ini umurnya lumayan panjang. Makanya banyak dan biasa dipakai di motor balap karena sering bongkar-pasang knalpot kalau mau seting mesin.

Lantaran paking knalpot di motor standar kebanyakan pakai paking almu atau tembaga, jika sering bongkar-pasang sangat memungkinan bentuk dan posisinya berubah. Akibatnya peranti penahan aliran gas buang ini jadi bocor.Karena sering bongkar-pasang, bentuk paking almu jadi kurang presisi lagi ketika dipasang. Suara knalpot jadi mendua karena gas buang bukan cuma ke moncong knalpot, tapi dari celah yang bocor itu.

Selain timbul suara desis dari lubang exhaust, tenaga motor otomatis ngedrop. Karena ruang bakar kurang tendangan balik dari perut knalpot. Makanya paking bocor mesti diperbaiki biar performanya kembali semula.

Memperbaiki paking bocor caranya harus ganti baru. Cuma berhubung kondisinya jauh dari toko onderdil, untuk keadaan darurat,bisa disiasati. Caranya dengan menambal paking bocor tadi menggunakan lem sealer yang punya spek high temperature.
 
Maklum suhu di sekitar knalpot cukup panas. Jadi, butuh lem sealer yang tahan temperatur tinggi biar enggak bocor lagi. Selain itu, lem ini bisa pinjam sementara di bengkel sampai dapat paking pengganti.
 
Menggunakan sealer di paking knalpot yang sudah rusak, cukup dioleskan ke semua permukaan paking. Baik itu bagian atas maupun bawah hingga merata. Lalu oleskan di pinggir lubang pipa buang sebelum ujung knalpot dipasang untuk dikencangkan bautnya.
Blog, Updated at: 21.09

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email