Ganti Per Kopling After Market, Tarikan ER-6n Makin Responsif

Written By Irawan ganteng on 15 Maret 2012 | 19.27

Per kopling Barnett berwarna hitam. Baut pembuangan oli ada di bawah sebelah kiri.
Mesin 650 cc dua silinder Kawasaki ER-6n sudah cukup responsif. Putaran bawahnya langsung terasa meski putaran mesin belum terlalu tinggi. Tapi yang namanya bikers ada aja yang masih ngerasa kurang. Salah satunya Tommy Bramudia, juragan Ngayun Speed ini mau ER-6n nya lebih galak.

Cara yang paling mudah yang Ia pilih adalah mengganti per kopling standar dengan versi after market. Harapannya tarikan lebih responsif dan enggak selip di putaran atas.

Untuk modifikasi ringannya ini Tommy pilih per kopling keluaran Barnett USA. Harganya sekitar Rp 450 ribuan, dan asiknya bisa dipasang dengan mudah. Bongkar dan pasang sendiri juga bisa kok. Yuk ikuti langkah-langkahnya.

Pertama kuras dulu olinya. "Baut pembuangan oli ada di kolong sebelah samping kiri, jadi sebelumnya buka engine cover lalu buka baut pembuangan oli dengan kunci pas 17," jelas Asep Supriadi, mekanik Ngayun Speed.
Buka dan kencangkan per kopling dengan kunci T 10 dan jangan lupa setting ulang jarak main kopling 
Langkah berikutnya buka cover rumah kopling. Buka 12 baut dengan kunci T 8. Setelah semua terlepas, jangan lupa lepas juga kabel koplingnya. "Buka bak kopling dengan hati-hati, takutnya paking sobek. Masih jarang bengkel yang menjual paking ini," terang Asep.

Setelah bak kopling terbuka, lalu buka per kopling standar sebanyak 5 buah dengan menggunakan kunci T 10. Lanjut dengan mengganti per standar dengan per racing Barnett. Untuk merakitnya kembali, lakukan dengan urutan sebaliknya.

"Jangan lupa cek kembali jarak main kopling, atur sesuai keinginan," tutup Asep. Gampang dan langsung galak! (motorplus-online.com)

Blog, Updated at: 19.27

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email