Cara Mengatasi Susah Tidur

Written By Irawan ganteng on 1 April 2012 | 19.57

img 

Intermezo - Tidak semua orang dapat tidur nyenyak dengan mudah. Untuk meningkatkan kualitas tidur bisa dibantu 'doping' alami yakni dengan mengandalkan beberapa asupan sehat.

Beberapa jenis makanan dapat memberikan efek yang menenangkan, membuat badan rileks dan membangunkan sistem saraf. 

Tapi sebaiknya hindari makanan yang mengandung gula tinggi karena dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan dan hormon yang mempengaruhi tidur.

"Siapa pun yang menderita kesulitan tidur dan bangun terlalu dini, bisa jadi orang tersebut menderita insomnia. Hal ini dapat terjadi karena kebiasaan makan yang tidak teratur," kata Ritika Samadda, seorang peneliti dan pimpinan Max Healthcare di New Delhi.

"Triptofan kimia yang terkandung dalam makanan merupakan bahan baku untuk melepaskan hormon tidur. Serotonin dan melatonin adalah hormon tidur. Semakin tinggi tingkat serotonin akan menghasilkan tidur yang sehat," kata Ishi Khosla seorang ahli gizi.

Berikut 10 jenis makanan yang membuat tidur lebih nyenyak seperti dilansir coolhealthtips, Minggu (1/4/2012) antara lain:

1. Susu Hangat
Susu dapat membuat tidur lebih nyenyak karena mengandung yang menghasilkan hormon tidur. Hampir semua produk susu kaya triptofan.

Minum produk susu sebelum tidur juga bisa membantu membakar lemak saat tidur. Susu dapat menurunkan berat badan dengan membantu dalam pemecahan sel lemak, karena mengandung banyak kalsium.

Selain itu, susu juga merupakan sumber korbohidrat kompleks, yang membantu menjaga tingkat insulin tetap rendah. Tingkat insulin yang rendah akan meningkatkan metabolisme dan membakar kalori lebih banyak.

2. Gandum Utuh
Gandum utuh mengandung magnesium, vitamin B6 dan vitamin B12. Semua nutrisi tersebut merupakan nutrisi yang dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Gandum utuh mengandung nutrisi yang membakar lemak dengan menjaga tingkat insulin rendah, menurutNew York Daily News. 

Gandum utuh menyediakan sumber yang sangat baik dari karbohidrat kompleks dan serat, yang sangat bermanfaat dalam merangsang metabolisme. 

Tak hanya gandum utuh, beras merah dan barley juga efektif untuk membakar lemak saat Anda sedang tidur.

3. Sayur-sayuran
Semua jenis sayur kaya akan triptofan. Orang harus mengonsumsi sayuran baik pada saat makan siang maupun makan malam.

Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa sayuran seperti selada, brokoli dan bayam mengandung vitamin yang dapat mengatasi stres dan membuat tidur lebih nyenyak.

Makan semangkuk sup atau salad untuk makan malam dapat membantu membakar kalori selama jam tidur malam. Kacang-kacangan seperti lentil, kacang polong, buncis juga bisa membakar lebih banyak kalori.

4. Makanan Berkarbohidrat
Makanan berkarbohidrat mempercepat pelepasan triptofan yang dapat membuat Anda tidur lebih awal. Tapi ingat, makanlah 3 jam sebelum Anda tidur.

5. Pisang
Pisang mengandung kalium dan magnesium yang dapat membantu mengendurkan otot-otot ketika tidur. Pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah saat tidur.

6. Jus Ceri
Jus ceri kaya akan kandungan melatonin yang merupakan hormon tidur. Minumlah jus ceri sebanyak 8 ons pada pagi hari dan 2 jam sebelum tidur di malam hari.

7. Teh Herbal dengan Madu
Secangkir teh herbal dengan madu dapat diminum sebelum tidur. Teh ini mengandung senyawa alami yang mempercepat seseorang merasakan kantuk. Glukosa dalam madu membantu tubuh agar relaks saat tidur.

Hindarilah makan malam terlalu larut karena dapat memaksa tubuh dan otak untuk mencerna pada saat kita tidur. Jangan makan minimal 3 jam sebelum Anda pergi tidur.
Blog, Updated at: 19.57

2 komentar:

  1. kalau saya sering ketiduran malah gan .. xixixi
    good share gan.. kadang juga saya sering gak bisa tidur kalau lag stres

    BalasHapus
  2. iya,bagi yang susah tidur bisa mencobanya.saya pun juga begitu kalau lagi mikir sesuatu...alah,sesuatu banget,,hadeh..hehe...

    BalasHapus

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email