Fitur Yang Harus dimiliki Mobil di Tahun 2014

Written By Irawan ganteng on 7 Agustus 2012 | 22.27

Fitur Yang Harus dimiliki Mobil di Tahun 2014

Fitur Yang Harus dimiliki Mobil di Tahun 2014 - Kali ini saya akan membahas seputar fitur mobil,khususnya masalah safety riding dan keselamatan pejalan kaki.Di Eropa sedang di gemborkan mengenai Autonomous Emergency Braking (AEB) yaitu system emergency brake yang nantinya berfungsi untuk mengerem mobil secara otomatis bila mendapati pejalan kaki atau benda yang ada didepannya.Sehingga bisa mengurangi nilai kecelakaan.

Seperti dilansir Autoguide,System AEB dapat mereduce angka kecelakaan hingga 25%,nilai yang sangat bagus bukan? Di Uni Eropa sudah mulai perlahan menerapkan system AEB ini.dan Efektif mulai 2014 sudah semua produsen melengkapi produk mobilnya dengan AEB.

Saat ini pabrikan mobil di Eropa yang sudah menerapkan teknologi AEB adalah Mercedes-Bens, BMW, Volkswagen, Volvo, Porsche, Infiniti dan Subaru dan beberapa pabrikan lainnya.


Sayangnya dari banyaknya mobil yang menggunakan alat tersebut, hanya sebesar 20 persen mobil terjual di Eropa yang sudah dilengkapi AEB. Uni Eropa akan terus menggalakkan penggunaan komponen tersebut demi menekan angka kecelakaan.

Sistem tersebut bekerja menggunakan laser, radar. Mobil akan berhenti secara otomatis ketika benda apapun berada di depannya. Di Ford Focus teknologi serupa dinamankan Active City Stop. Fitur ini akan menghentikan Focus ketika ada benda di depannya dengan syarat mobil berada kecepatan rendah (30 km/jam). Kerja fitur satu ini menggunakan sensor lidar (Light Detection And Ranging) yang tersemat di bagian atas kaca depan.


Pabrikan Jepang seperti Lexus pun tengah menggodok fitur serupa. Dinamai Pre-Collision System (PCS). Ketika mobil melaju di jalanan, mobil akan mengerem langsung ketika mendeteksi ada pejalan kaki.

Kira - kira system kerjanya seperti ini,"Mobil berjalan dengan kecepatan 40 km per jam, di depan ada dummy seperti manusia, sekitar beberapa meter saat akan menabrak dummy tersebut, mobil otomatis berhenti mendadak, padahal pedal gas masih kita injak."

Sistem keamanan ini menggunakan stereo kamera yang berada di dekat kaca spion dan radar di bagian depan grille mobil. Begitu mendeteksi ada pejalan kaki, radar dan kamera langsung bereaksi dan memerintahkan komputer mobil untuk langsung menginjak rem, meski kaki kita masih berada di pedal gas.

Semoga pemerintah Indonesia mempunyai pandangan mengenai fitur safety ini pada kendaraan di Indonesia mendatang.Ga usah berharap bantuan kepada negara lain,karena kita punya putra putri bangsa yang saya yakin lebih pintar dari negara lain.tergantung mengarahkan saja.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Fitur Yang Harus dimiliki Mobil di Tahun 2014,semoga bermanfaat buat sahabat semua dan jangan lupa jempolnya ya sob..!



Rating: 5
Blog, Updated at: 22.27

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email