Teknologi New Ninja 250 Injeksi

Written By Unknown on 7 Agustus 2012 | 23.04

ninja 250 injeksi
Teknologi New Ninja 250 Injeksi | Spesifikasi Teknologi New Ninja 250 Injeksi - Seperti kita ketahui bahwa New Ninja 250 Injeksi sudah diluncurkan.Banyak sekali perubahan,karena system injeksi merupakan system yang kompleks dan membutuhkan fitur tambahan dan perubahan.

Layaknya system injeksi yang pernah saya bahas di Yamaha Jupiter Z1,buat yang pengen baca bisa melihat postingan saya dengan judul Spesifikasi dan Harga Yamaha Jupiter Z1,di New Ninja 250 Injeksi ini kaya akan teknologi ramah lingkungan dan bahkan meningkatkan performa motor tersebut seperti powernya meningkat dari 31,8 PS / 31,16 dk pada 11.000 rpm menjadi jadi 32 PS / 31,36 dk di 11.000 rpm. Tapi torsinya sedikit turun, sekarang hanya 21 Nm di 10.000 rpm, sedang yang lama mencapai 22 Nm di 9.500 rpm. Penyempurnaan bukan hanya untuk performa, tapi lebih bertujuan meningkatkan daya tahan mesin sob.

Mari kita bahas satu persatu mengenai daya tahan mesin,mulai dari blok cylinder,piston,crankase,dan tentunya system injeksinya :

1.Desain Blok Cylinder

desain blok cylinder ninja 250 injeksi
Blok silinder lebih dingin sob..!
Kawasaki sengaja menerapkan blok silinder tipe alumunium die-cast dengan desain plate bores,Teknologi ini mirip yang dipakai pada moge Kawasaki.Keunggulannya, selain bobotnya ringan hanya 800 gram, blok silinder ini juga mampu meningkatkan pembuangan panas yang lebih sempurna. Kalau pada blok silinder sebelumnya, saluran masuk ke water jacket berbentuk bulat, kini jadi kotak. Tekanannya makin tinggi sehingga pendinginan lebih maksimal.

2.Desain Piston
desain piston ninja 250 injeksi
Piston ninja 250 injeksi
Kali ini komponen yang selalu menahan beban kompresi dan ledakan bahan bakar ini diperkuat dengan hard alumite coating. Tujuannya jelas, umur komponen ini lebih panjang meski kerjanya berat, dalam satu menit saja piston Ninja 250 bisa naik turun hingga 14 ribu kali. Biar lebih awet dan berkurang gesekannya, pada top ring ada alur untuk menyimpan oli.

3.Perubahan di Mesin(Crankase)

desain mesin ninja 250 injeksi exhause
Dua katuk kupu-kupu serupa Ninja 650R dan ER-6n, versi global sudah close loop dengan O2 sensor (lingkaran merah). Tapi Indonesia belum. 
Perubahan lainnya adalah pindahnya posisi filter oli mesin yang kini berada di depan mesin.Jadi,konstruksi crankase ada perubahan dan leher knalpotnya juga beda, yang baru punya lelukan seperti huruf S dan di bagian bawah pipa ada O2 sensor, penanda kalau sistem injeksi New Kawasaki Ninja 250R sudah lebih ramah lingkungan dengan injeksi tipe close loop. Tapi sayangnya untuk versi Indonesia belum close loop. O2 sensor dilepas (gambar atas) atau masih open loop.

4.System Injeksi
Komponen yang satu ini juga didesain serupa dengan moge-mode Kawasaki. Masing-masing silinder punya throttle body dan injektor sendiri-sendiri. Dalam throttle body buatan Keihin ini ada dua katup kupu-kupu.Satu katup digerakan oleh tangan lewat throttle grip, satu lagi secara elektronik bergerak sesuai kebutuhan mesin.


Katup yang kedua ini bekerja sesuai masukan dari sensor-sensor injeksinya. Jika bukaan gas terlalu besar padahal mesin tidak terlalu membutuhkan banya udara yang masuk, maka dengan sendirinya katup kedua akan menutup perlahan. Begitu juga sebaliknya, efek campuran udara dan bahan bakar yang masuk akan selalu sesuai dengan kebutuhan.

konstruksi mesin ninja 250 injeksi
Lekuk leher knalpot berubah. Versi Indonesia tanpa 02 sensor.
Saluran intake pada New Ninja 250 ini juga dibuat mengerucut, fungsinya agar tekanan udara yang masuk tetap tinggi. Hal ini terlihat dari diameter katup kupu-kupu yang mengecil dari 40,2 mm untuk sub throttle dan 28 mm untuk main throttle. Mekanisme ini mirip sekali dengan injeksi yang digunakan Kawasaki ER-6n dan Ninja 650R.Jika injeksi berujung pada emisi yang lebih baik, ada satu lagi keunggulan mesin New Kawasaki Ninja 250 yaitu soal kenyamanan. Mesin baru ini diklaim lebih minim getaran.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Teknologi New Ninja 250 Injeksi,semoga bermanfaat dan jangan lupa jempolnya.

thanks to : motorplus.otomotifnet.com



Rating: 5
Blog, Updated at: 23.04

0 komentar:

Posting Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!