Cara Meningkatkan Performa Motor Injeksi

Written By Irawan ganteng on 3 Mei 2012 | 20.44


Intermezo - Sob,tips ini sementara hanya untuk motor honda.kenapa?karena saya baru mempraktekkannya di motor honda injeksi saya.

Cara Meningkatkan Performa Motor Injeksi saya adalah dengan mengganti injektor.boleh dibilang, injektor tak ubahnya punya peran sebagai spuyer. Ya, buat bantu semburkan campuran udara dan bahan bakar ke intake dan ruang bakar. Tapi tentunya, injektor lebih canggih.mari kita samakan persepsi dulu.buat yang belum tau mari belajar bersama - sama cara mengganti injektor untuk Meningkatkan Performa Motor Injeksi.

Beberapa injektor punya tipe yang sama untuk dipakai dibeberapa varian. Misalnya, di Honda PCX dan 150R. Keduanya memiliki jumlah lubang yang sama di injektornya. Yaitu, 6 lubang melingkar.

Memang jumlah lubang yang diaplikasi sama antara PCX dan CBR 150R. Tetapi, yang membedakan volume injeksi, bukan hanya lubang. Tapi, needle valve juga menentukan debit bahan bakar yang disemprotkan oleh injektor

Needle valve akan membuka sesuai sinyal listrik yang dikirim ECM (Electronic Control Module) ke selenoid coil. Sehingga di selenoid coil akan terjadi gaya magnet yang menyebabkan plunger dan needle valve tertarik dan menyebabkan lubang-lubang nozzle injektor terbuka.

Jika ECM menghentikan sinyal listrik, maka gaya kemagnetan di selenoid coil akan hilang. Plunger dan needle valve pun akan kembali menutup. Sedikit gambaran untuk perbedaan bentuk lubang-lubang di injektor. Misalnya seperti produk aftermarket Keihin untuk Honda Supra X125 PGM-FI.

Bentuk sejajar di produk untuk motor bore up ini, membuat bentuk pengabutan seperti mengarah ke satu atau dua sisi. Sedang di injektor standar Supra X125 yang melingkar, seakan turbulensi.

Oke,karena sudah paham kita bisa aja subsitusi antara injektor Honda Spacy FI yang 110 cc dengan Honda Vario Techo 125 PGM-FI (125 cc). Memang tenaga sedikit meningkat, tapi efeknya konsumsi bahan bakar akan lebih boros sedikit tentunya. 

Sekian,
Blog, Updated at: 20.44

0 komentar:

Poskan Komentar

Pergunakan form komentar dibawah dengan bijak,berkomentarlah yang sopan dan laporkan bila ada link yang rusak,agar Admin bisa memperbaikinya pelan -pelan.Dan jangan cuman baca / download,berkomentarlah ! agar penulis di blog ini tetap semangat untuk posting.. :D

Tankyu..!

Follow by Email